Eventnya Anak Milenial: Indonesia NEXT

“Tugas kita bukan merubah orang untuk berbuat baik, tapi mengajak mereka untuk merasakan nikmatnya berbuat kebaikan.”

Cak Nun

img_20181016_2058551555066367.jpg

Tari Paduppa, Tari khas Sulawesi Selatan dalam penyambutan sebuah acara sebagai penghormatan. Tari Paduppa kali ini meyambut acara INDONESIA NEXT dari TELKOMSEL

Apa sih generasi milenial? menurut wikipedia, milenial dikenal sebagai generasi Y setelah generasi X (Gen-X). Para ahli peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an atau pertengahan 1990-an hingga awal 2000-an sebagai kelompok milenial. Nah, apakah kamu termasuk generasi milenial?

Perkembangan zaman semakin berkembang, tren generasi milenial saat ini sedang mendominasi. Berbagai segmen kehidupan seperti ekonomi, politik, life-style, dan lain-lainnya seolah menyesuaikan diri dengan gaya hidup generasi milenial.

Generasi milenial ditandai dengan keakraban penggunaan terhadap komunikasi, media, dan teknologi digital. Oleh karena itu, memasuki era milenial tentu tak lepas dari perkembangan digital saat ini. Nah, salah satu kegiatan paling menarik yang wajib diikuti generasi milenial adalah event INDONESIA NEXT yang diadakan oleh telkomsel. Event yang satu ini benar-benar kece badai. Kenapa? Indonesia Next memberikan solusi dan menjawab tantangan di era milenial. Salah satunya yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi di era digital, seperti membangun start-up, meningkatkan skill dibidang komunikasi, presentasi, maupun marketing.

 

img_20181016_205744-1828223581.jpg

Sambutan oleh Herry Setiawan selaku Vice President and Marketing TELKOMSEL area Pamasuka

img_20181016_2057161993264519.jpg

Berbagi kisah inspiratif oleh Yanto Santoso selaku Manager CSR Program Management Telkomsel

Hari ini, aku sangat bersyukur karena masih memiliki kesempatan untuk mengikuti event INDONESIA NEXT. Selain karena sudah menjadi kebutuhan, tentunya tak mau ketinggalan dengan event-event yang diadakan Telkomsel. Bagiku, setiap event yang diadakan Telkomsel sangat edukatif, ini bukan promo apalagi endorse yah, murni catatan harian berdasarkan pengalaman pribadi. Masih ingat dengan moment yang tak terlupakan dua tahun lalu. Di mana Telkomsel memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk belajar di Australia, dan alhamdulillah aku termasuk sebagai salah satu peserta. Tidak hanya memberikan pelayanan kepada masyarakat, tapi Telkomsel sangat memerhatikan kebutuhan pelajar Indonesia. Di event kali ini, aku terinspirasi dengan semangat para start-up yang berhasil lolos di INDONESIA NEXT 2017 dan mendapatkan kesempatan belajar di University of Stanford. Mereka sangat luar biasa!

img_20181016_2056311061292421.jpg

Para pelajar yang berhasil menuangkan prestasi di INDONESIA NEXT 2017

Salah satu tantangan terbesar bagi generasi milenial adalah kemajuan teknologi. Dengan mengikuti event hari ini, aku jadi makin tahu bahwa tanpa pengembangan skill, maka seseorang akan tertinggal zaman. Paling tidak, generasi milenial harus memanfaatkan perkembangan era digital yang makin pesat, tanpa harus menjadi bagian penyebar hoax di sosial media. Mengembangkan skill dengan menjadi konten creator salah satunya. Atau mengembangkan start-up yang bisa memberikan solusi kepada masyarakat.

 

img_20181016_2055511982721412.jpg

Layanan TCASH yang mempermudah transaksi pembayaran

Selain itu, perubahan pesat di era digital saat ini adalah pembayaran secara virtual. Sebagai generasi milenial, tentu ini memberikan kemudahan-kemudahan dalam bertransaksi, namun faktor keamanan terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Telkomsel memiliki program menarik untuk memberikan solusi, yaitu TCASH. Aku pribadi sudah lama memakai TCASH. Selain sistemnya yang aman, Telkomsel sering mengadakan kuis berhadiah TCASH.

Di event kali ini, gak tanggung-tanggung hadiah TCASH yang dibagikan kepada peserta. Sayangnya hari ini aku gak beruntung. Ets tunggu dulu, ada layanan TAP and RUSH yang menjadi andalanku disetiap kegiatan Telkomsel. Tap and Rush ini memungkinkan bagi pengguna untuk berbelanja hanya Rp. 1 di merchant tertentu, selain dalam event, tentu kita masih bisa menikmati TCASH di merchant-merchant untuk mendapatkan diskon. Begitulah pemburu diskon, hahaha. 

img_20181016_2055032058348519.jpg

Layanan TCASH App

img_20181016_2054121507417874.jpg

Talkshow inspiratif tentang Optimizing Supply Chain oleh Adrian Gilrandy, The Founder of PTS.sc

Ada lagi nih sharing seputar dunia bisnis oleh Adrian Gilrandy, The founder of PTS.sc, beliau berbagi kisah inspiratif serta tips bagaimana me-manage bisnis yang sedang dijalankan. Soal kalah menang dalam sebuah usaha itu biasa, kalah berkali-kali itu biasa, namun bagaimana kekalahan tersebut dapat memotivasi kita untuk terus maju. Begitulah pesan yang bisa kupetik disesi kali ini.

“IT Implementation is not the ultimate goal, but it is just a tool to accelerate and enhance your bussiness.”

img_20181016_205313-1376084235.jpg

Publik Speaking Training THREE SPEAKERS by Hilbram Dunar (sebelah kiri) dan Bayu Oktara (sebelah kanan)

Tentunya gak lengkap rasanya jika event INDONESIA NEXT tanpa pelatihan publik speaking. Skill komunikasi perlu diketahui oleh generasi milenial saat ini. Dengan memahami skill komunikasi, maka seseorang akan mudah mencapai impian-impiannya. Siapa sih yang gak kenal Hilbram Dunar dan Bayu Oktara? pernah nonton Mario Teguh kan? atau variety show OB (Office Boy) di RCTI. Kedua speakers tersebut gak asing lagi di media. Apalagi Bayu Oktara, pemeran favoritku dulu di OB.

Lantas, bagaimana caranya menjadi pembicara di depan umum?

Satu kata kunci dari Three Speakers, FLEXIBLE (Firm, Love, Extra Practice, Likeable, dan Effective). Firm, seorang pembicara harus yakin atau percaya diri terlebih dahulu, gak masalah jika kita merasa gugup alias nerveous, tapi selalu tanamkan kepercayaan dalam diri. Love, sebagai pembicara kita harus mencintai pekerjaan kita, dengan begitu, akan memudahkan seseorang menguasai topik saat melakukan presentasi. Extra practice, salah satu hal yang wajib dilakukan oleh publik speaker, yaitu selalu mengasah kemampuan speaking dengan berlatih. Likeable, salah satu yang harus diperhatikan bagi speaker adalah penampilan serta gerakan bahasa tubuh. Dan yang terakhir adalah effective. Sebagai speaker, seseorang harus menguasai topik yang akan dipresentasikan, mampu menarik perhatian audence, singkat, padat, dan jelas.

img_20181016_2052251213885839.jpg

Vena Annisa, An Inspiring Woman Public Speaker

Pelatihan public speaking kali ini luar bisa menarik! selain karena pembicaranya pada kece badai, kami diberikan tips-tips dan pelatihan langsung. Nah ada satu lagi nih, speaker yang menjadi favoritku, Vena Annisa. Gak asing dengan beliau kan? mengawali karirnya sebagai presenter, Vena Annisa berbagi kisah inspiratifnya sebagai pembawa berita yang profesional hingga ke Amerika Serikat.

By the way, that was my experience today. Sorry for talking much, as you do, i will improve and enhance my skill too. Thank you so much for reading my dialy life, see you for the next experince.

cheers.

______

16 Oktober 2018, Mks

Pictures taken by me

Advertisements

37 thoughts on “Eventnya Anak Milenial: Indonesia NEXT

  1. Noe says:

    Aku pingin banget deh dpt oelatihan publick speaking, apalagi dari ahlinya, sebagai blogger kita perlu jg menguasai ilmu public speaking ya kan. Btw, acaranya menarik bgt inii

    Like

  2. Rach Alida Bahaweres says:

    Halo mba. Materi public speaking nih kayaknya adalah materi yang sangat dibutuhkan saat ini deh. Dan senangnya ya bisa datang langsung dan mempraktekkan. MOga aku bisa ikut acara keren ini ah 🙂

    Liked by 1 person

  3. EkaMustikaSari says:

    acaranya padat berisi banget ya, beneran pas buat generasi milenial apalagi yang soal ngebahas jadi content Creator sama membuat star up karena makin ke depannya semakin dibutuhkan

    Liked by 1 person

  4. Rosanna Simanjuntak says:

    Kebetulan aku mau kasih materi di depan generasi Z (tahun kelahiran 1995 – 2014) pada tanggal 25 Oktober 2018 nanti dalam acara “Blogger Goes To School”

    Ini adalah “debut” aku berbagi di depan audiens.
    Aku mau belajar dan eksekusi tips public speaking di atas, FLEXIBLE!

    This article so inspiring…
    I highly appreciate
    Thank you… ^^

    Like

  5. Uniek Kaswarganti says:

    Di tangan generasi milenial ini lah nasib bangsa akan dibawa. Dengan content2 kece yang dihasilkannya, berbagai hoax maupun hal negatif lainnya dapat ditangkal. Jadi, tak hanya efek negatif aja yang selalu kita parnoin ya kalau membicarakan kemajuan teknologi.

    Liked by 1 person

  6. lendyagasshi says:

    TCash ini memungkinkan anak-anak muda melakukan transaksi aman dengan metode cashless seperti sekarang yang sedang digalakkan pemerintah yaa..

    Aku setuju banget siih..
    Secara paling males bawa uang di dalem dompet.

    Liked by 1 person

  7. tutyqueen says:

    Aku jadi ingat saat mengikuti Indonesia Knowledge Forum VII kemarin yang membahas soal teknologi, kalau kita mau mengikuti teknologi maka kita harus mengenal dan terlibat dengan teknologi, tapi kalau kita nggak siap mengikuti perkembangan teknologi maka siap-siap akan tenggelam. Makanya millenial sekarang harus mengikuti perkembangan teknologi dan harus melek digital ya mbak.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s